7 Daftar Perabotan Rumah Hemat Listrik

Daftar Perabotan Rumah Hemat Listrik – Pengeluaran listrik bulanan adalah salah satu pengeluaran yang harus selalu diperhatikan. Agar tidak terlalu membengkak, maka penggunaan listrik harus ditekan salah satunya dengan memilih perabotan rumah hemat listrik.

Memilih perabotan rumah yang hemat listrik caranya cukup mudah. Apalagi sekarang banyak brand yang berlomba-lomba untuk membuat produk mereka hemat listrik untuk menarik pembeli. Buat kamu yang sedang memilih perabotan hemat listrik, berikut kami berikan rekomendasinya.

Daftar Perabotan Rumah yang Hemat Listrik

Dibawah ini kami rangkum 7 daftar perabotan rumah yang hemat listrik menurut hasil survey admin, semoga artikel ini bermanfaat.

Perabotan Rumah Hemat Listrik

Perabotan Rumah Hemat Listrik

Lampu

Perabotan rumah hemat listrik yang pertama tentu saja lampu. Benda ini bisa dibilang merupakan peralatan elektronik yang paling hemat listrik. Karena lampu merupakan peralatan listrik yang resistif sehingga tidak menghabiskan begitu banyak daya.

Tidak diperlukan teknik khusus ketika memilih lampu. Kamu hanya perlu membeli lampu modern dan sesuaikan daya listriknya dengan kebutuhan rumahmu. Karena hampir sebagian besar lampu masa kini sudah hemat energi.

Televisi

Televisi adalah perabotan rumah hemat listrik berikutnya. Untuk perabotan yang satu ini, dibutuhkan ketelitian untuk memilihnya agar mendapatkan televisi yang hemat listrik. Salah satu trik yang paling umum adalah beli televisi jenis LED.

Karena TV model lama atau TV tabung kebanyakan masih menggunakan komponen lama dan sangat boros terhadap listrik. Cara lain adalah pastikan kamu memilih listrik yang memiliki label “Low Watt”. Ini menandakan bahwa televisi tersebut hemat listrik daripada televisi yang lain.

Walaupun Anda tetap harus membandingkan televisi satu dengan televisi yang lain.

Kulkas / Lemari Es

Lemari es mungkin bukan perabotan rumah hemat listrik. Akan tetapi kamu bisa membuatnya lebih hemat dengan beberapa trik berikut. Pertama, jangan simpan makanan yang terlalu panas di dalam lemari es. Hal ini bisa membuat lemari es bekerja lebih berat dari biasanya untuk menyerap panas dari makanan tersebut.

Kedua, atur suhu listrik sesuai kebutuhan tertentu. Hindari mengatur suhu terlalu rendah sepanjang waktu karena ini bisa menyebabkan kulkas menggunakan lebih banyak listrik daripada biasanya. Selanjutnya adalah tempatkan kulkas jauh dari sumber panas seperti kompor dan sinar matahari.

Cara ini bisa menjadikan kulkas sebagai perabotan rumah hemat listrik karena kulkas tidak akan bekerja terlalu berat untuk menyerap panas dari sumber panas tersebut.

Kipas Angin

Perabotan rumah hemat listrik kali ini kita punya kipas angin. Ya, kipas angin merupakan alternatif menarik sebagai pengganti AC. Kipas angin memiliki daya listrik yang relatif lebih kecil daripada AC. Untuk lebih menghematnya, kamu bisa membeli kipas angin berukuran kecil sesuai kebutuhan.

Karena kipas angin yang memiliki ukuran kecil biasanya merupakan perabotan rumah hemat listrik dengan daya listrik yang relatif kecil.

Setrika

Seperti yang diketahui, peralatan elektronik yang bersifat kapasitif sangat boros terhadap listrik salah satunya adalah setrika. Benda ini bisa saja masuk ke dalam daftar perabotan rumah hemat listrik jika kamu pandai dalam memilihnya.

Jika memungkinkan, belilah setrika uap yang sama sekali tidak menggunakan listrik. Tapi jika tidak memungkinkan kamu bisa membeli perabotan rumah hemat listrik berupa setrika yang sudah dilengkapi dengan teknologi pengatur suhu otomatis.

Laptop

Jika dibandingkan dengan komputer, laptop merupakan perabotan rumah hemat listrik karena tidak membutuhkan listrik sebesar komputer. Hal ini dikarenakan laptop hanya membutuhkan suplai listrik untuk baterai yang notabene merupakan kapasitor.

Berbeda dengan komputer yang membutuhkan listrik untuk secara langsung menyuplai semua komponen yang ada di dalamnya.

Lampu Tidur

Penggunaan lampu tidur bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang sedang mencari perabotan rumah hemat listrik. Lampu tidur bisa digunakan sebagai pengganti lampu biasa dikarenakan kebutuhan daya listriknya relatif rendah dibandingkan dengan lampu biasa.

Selain itu, perabotan rumah hemat listrik ini juga bisa digunakan pada ruangan yang relatif sempit dan tidak membutuhkan listrik yang terlalu terang.

Itulah beberapa perabotan rumah hemat listrik yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu. Pastikan untuk memilih merk yang menawarkan teknologi hemat energi agar tagihan listrik bulananmu tidak membengkak.