7 Penyebab Cat Dinding Mengelupas dan Kotor

Penyebab Cat Dinding Mengelupas dan Kotor – Cat dinding mengelupas dan kotor adalah bukan hal yang biasa. Cat interior maupun eksterior yang diaplikasikan di tembok rumah tentunya akan mengelupas dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti terkena hujan, panas, dan lain-lain.

Penyebab Cat Dinding Mengelupas

Berikut ini merupakan faktor penyebab cat dinding mengelupas dan kotor. Yuk simak penjelasannya.

Tidak membersihkan sisa cat terlebih dahulu

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan cat dinding mengelupas dan kotor yaitu tidak membersihkan sisa cat terlebih dahulu. Oleh karena itu sebelum mengaplikasikan cat yang baru, pastikan kamu telah membersihkan lapisan cat lama dengan sempurna.

Dengan begitu tidak akan nampak lapisan cat yang lama, terlebih jika warna catnya berbeda. Selain itu melapisi cat lama yang tidak berkualitas dengan cat baru merupakan salah satu faktor cat dinding mengelupas dan kotor.

Cat Dinding Mengelupas

Cat Dinding Mengelupas

Campuran cat yang terlalu encer

Cat dinding yang terlalu kental biasanya dapat dicampur dengan air, waterbase, atau thinner. Akan tetapi, campuran tersebut dapat menyebabkan cat dinding menjadi encer jika ditambahkan terlalu banyak.

Campuran cat dinding yang terlalu encer dapat menyebabkan cat mengelupas suat saat. Campuran antara cat dinding dengan air hingga encer ini biasanya dilakukan oleh orang yang dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman dalam mengecat dinding.

Oleh karena itu untuk menghindari cat dinding mengelupas dan kotor pada rumahmu, sesuaikan perbandingan antara cat dinding dengan air agar tidak terlalu encer. Sehingga dinding tidak mudah mengelupas dan kotor.

Ketidaksesuaian cat dasar dengan cat akhir

Faktor lain yang dapat menyebabkan cat dinding mengelupas dan kotor adalah  ketidaksesuaian cat dasar dengan cat akhir.

Hal ini dikarenakan cat dasar dan cat akhir tidak cocok sehingga lapisan antar cat nya tertarik dan memicu pengelupasan. Sebaiknya, cari tahu terlebih dulu cat dasar dan cat akhir apa yang ingin digunakan, usahakan dalam memilih cat ini gunakan merek yang sama.

Rendahnya kualitas cat dinding

Rendahnya kualitas cat dinding adalah faktor berikutnya yang dapat menyebabkan cat dinding mengelupas dan kotor. Hal ini berhubungan dengan konsentrasi resin pada cat dinding. Oleh sebab itu jangan ragu untuk membeli cat dengan harga yang lebih mahal agar tahan lama.

Cat dinding yang mengelupas, dapat membuat tampilan rumahmu kurang bagus dan membuatmu malu ketika kerabatmu berkunjung kerumah.

Cat dinding sendiri tidak serta merta melindungi tembok dari air hujan. Oleh karena itu disarankan menggunakan Aquaproof untuk melindungi tembok dari rembesan air hujan.

Permukaan dinding yang berminyak dan kotor

Cat dinding mengelupas dan kotor juga dapat disebabkan oleh permukaan dinding yang kotor dan berminyak. Hal ini dapat diantisipasi dengan cara membersihkan dinding dari segala kotoran, debu, dan minyak.

Jika sudah bersih, maka dapat dilakukan pengecatan. Pastikan dinding dalam kondisi bersih pada saat pengecatan, baik pengecatan dasar maupun cat akhir.

Pengapuran pada permukaan tembok

Hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya untuk membersihkan dinding hingga bersih sebelum dilakukan pengecatan. Jika tidak, maka akan terjadi pengapuran pada cat dinding yang dikarenakan cat tidak dapat menempel dengan sempurna akibat adanya kotoran.

Oleh karena itu meskipun memakan waktu yang lama, pembersihan dinding sebelum melakukan pengecatan sangatlah penting. Pembersihan dinding berfungsi untuk menghindari cat dinding mengelupas dan kotor pada rumahmu.

Kualitas dempul yang rendah

Penyebab terakhir cat dinding mengelupas dan kotor yaitu adalah kualitas dempul yang rendah. Inilah faktor yang menyebabkan cat dindingmu mudah terkelupas.

Dengan kualitas dempul yang rendah, maka daya lekatnya juga kurang yang dapat membuat dempul terangkat saat kamu mengecat dinding rumahmu. Sebelum cat dinding diaplikasikan, sebelumnya tembok akan ditutup dengan lapisan semen.

Dempul dengan kualitas baik, tidak akan menyebabkan cat dinding mengelupas dan kotor pada rumahmu.

Beberapa hal tadi merupakan faktor penyebab cat dinding mengelupas dan kotor. Agar dinding rumahmu tidak terjadi demikian, maka perhatikan faktor penyebab yang sudah dipaparkan dan mengikuti saran yang diberikan pada artikel ini. Sekian!