Syarat dan Prosedur Cara Kredit Rumah Untuk Kaum Millennial

Cara Kredit Rumah Kaum Milenial | Generasi millennial sekarang mendominasi pertumbuhan penduduk produktif di Indonesia. Generasi ini terkenal dengan berbagai stereotip seperti sangat dekat dengan teknologi, gaya hidup yang tidak sehat, cenderung boros, dan berbagai hal lainnya. Begitu juga faktor kepemilikan rumah bahkan sering menjadi bahasan. Banyak yang menyangsikan bahwa kaum millennial mampu memiliki rumah sendiri.

Bagaimana tidak, gaya hidup yang boros dan suka menghamburkan uang. Ditambah lagi dengan harga properti yang semakin menajak dari tahun ketahun membuat kaum millennial sendiri seringkali takut untuk membeli rumah sendiri. Belum lagi persoalan gaji yang dianggap pas pasan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

cara kredit rumah

cara kredit rumah

Akan tetapi jangan berkecil hati dulu, kaum millennial juga bisa kok memiliki rumah salah satunya adalah dengan jalan kredit. Ada berbagai artikel dan informasi tentang cara kredit rumah yang tepat bagi kaum millennial. Kamu dapat mencari informasi di internet, pihak bank yang menyelenggarakan KPR, dan juga pihak pengembang yang memiliki akses terhadap perumahan.

Sebelum kamu mengajukan kredit untuk membeli rumah, ayo simak artikel berikut ini:

Syarat Pengajuan KPR

Sebelum kamu melalukan kredit untuk membeli rumah kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu KPR. KPR merupakan kependekan dari kredit perumahan rakyat. Jadi semua rakyat Indonesia sebenarnya berhak atas perumahan yang layak huni dalam membangun kehidupan yang lebih baik.

Hampir sebagian besar pekerja dan orang di Indonesia membeli rumah dengan cara mengajukan kredit perumahan ke bank dan mencicilnya secara perlahan-lahan. Jadi jangan kira mereka semua membeli rumah dengan cara cash. Akan tetapi, untuk bisa mengajukan KPR ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  • Merupakan warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun.

Jadi, selain WNI sebetulnya tidak diperbolehkan untuk memiliki hak atas tanah di wilayah NKRI. Selain itu juga usia sudah harus dewasa dan mencukupi yakni 21 tahun. Usia ini dianggap sudah mampu bertanggung jawab untuk dirinya sendiri terutama dalam hal mencari penghidupan dan pekerjaan.

  • Memiliki penghasilan tetap dan slip gaji

Hal ini penting karena penghasilan tersebut akan menjadi cara untuk kamu dapat membayar kredit ke bank. Hal itu dibuktikan dengan adanya slip gaji.Memiliki slip gaji juga merupakan syarat yang harus dipenuhi kepada Bank yang dalam hal ini untuk bisa mendapatkan kepercayaan bank sehingga mudah untuk di acc.

  • Memiliki kartu identitas (KTP)

Semua orang Indonesia yang berusia diatas 17 tahun seharusnya sudah memiliki kartu tanda penduduk.

  • Memiliki kartu keluarga (KK)

Utamanya bagi yang sudah berkeluarga juga harus dilampirkan surat nikah dan kartu keluarga.

  • Memiliki NPWP

Rekaman pelaporan pajak di NPWP memperlihatkan bahwa kamu adalah seorang pembayar pajak yang taat atau tidak.

  • Bukti rekening koran akun bank

Bukti ini untuk memperlihatkan penghasilan kamu dan penggunaan rata-rata per bulannya untuk konsumsi.

  • Tidak ada tunggakan kredit macet di bank

Hal ini penting karena jika kamu memiliki kredit macet di bank manapun maka kamu akan sulit unutk lolos KPR.

Cara Mengajukan KPR

Setelah kamu mengetahui syarat-syarat yang diperlukan maka kamu dapat mulai mencari rumah idaman yang kamu inginkan, tentunya disesuaikan dengan penghasilan pribadi kamu dan istri (jika sudah menikah). Karena harga rumah yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan persyaratan penghasilan juga akan sulit untuk mendapatkan KPR-nya. Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah:

  • Riset proses KPR dan cari rumah yang diinginkan

Proses ini cukup panjang karena kamu harus menyesuaikan lokasi, keinginan, dan juga kemampuan kamu dalam membeli rumah dan membayar kredit KPR. Selain itu banyak juga pengembang yang menawarkan berbagai paket KPR, kamu harus giat mencari informasi ini.

  • Membayar uang muka

Lalu kamu dapat membayar uang muka terlebih dahulu. Jika permohonan KPR-mu ditolak maka uang muka akan dikembalikan.

  • Mengajukan KPR ke pihak bank

Selanjutnya mengajukan KPR ke bank, dan pihak bank akan menyeleksi apakah kamu layak atau tidak.

Itulah cara kredit rumah yang dapat dilakukan kaum millennial. Jangan berkecil hati dan putus asa, kamu pasti bisa memiliki rumah idamanmu.

Perumahan Alam Sewarna Sukabumi Menawarkan kredit rumah dengan mudah, Alam Sewarna Sukabumi merupakan Perumahan Sukabumi yang memiliki fasilitas lengkap dan mewah. Dikutip dari website botosamari.com Alam Sewarna Sukabumi menerapkan eco friendly, ramah lingkungan, ada kawasan hijau dan memiliki view perbukitan yang membuat warganya makin betah dirumah.