7 Tanaman Obat Yang Bisa Ditanam Di Rumah

Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Di Rumah – Bukan hanya tanaman hias, tanaman obat juga dapat ditanam di rumah yang mana memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Tanaman hias maupun tanaman obat dapat ditanam dengan menggunakan media tanah dan hidroponik.

Terlebih menanam tanaman obat merupakan tren masa kini dimana pandemi ini mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebagian orang percaya bahwa tanaman obat dapat meningkatkan imunitas serta mencegah infeksi virus pada tubuh kita.

Tanaman Obat

Berikut ini merupakan tanaman obat yang bisa ditanam di rumah Anda dengan mudah diantaranya

Tanaman Obat

Tanaman Obat

Tanaman Jahe

Jahe memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh yang dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan diantaranya seperti, mual muntah, pusing sebab vertigo, nyeri sendi, nyeri haid, dan lain-lain.

Pada umumnya jahe ini digunakan sebagai obat tradisional yang aman. Akan tetapi, lebih baiknya jika tidak mengkonsumsi terlalu berlebih dikarenakan dapat menimbulkan berbagai efek seperti heartburn, iritasi di mulut, atau sakit perut.

Tanaman Lengkuas

Berikutnya, lengkuas adalah salah satu tanaman obat yang mudah ditanam di sekitar rumah. Lengkuas ini dikenal dengan mana laos (bahasa Jawa). Adapun kandungan yang terdapat pada lengkuas ini diantaranya vitamin A dan C, serat, karbohidrat, serta zat besi.

Lengkuas memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan dapat sebagai obat alami bagi tubuh seperti melawan infeksi, berperan sebagai anti kanker, mengurangi nyeri dan peradangan, dan dapat juga sebagai peningkat kesuburan pada pria.

Tanaman Kunyit

Kunyit atau yang dikenal sebagai kunir merupakan tanaman obat yang populer. Biasanya kunyit ini digunakan sebagai bumbu dapur hingga kecantikan. Kunyit sendiri mengandung zat kurkumin didalamnya.

Berbagai manfaat yang terdapat pada kunyit antara lain sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, menurunkan kadar gula dalam dara, serta menjaga sistem pencernaan.

 

Sama seperti jahe, kunyit ini juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, dengan mengkonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan asam lambung dan masalah pendarahan.

Tanaman Temulawak

Tanaman obat  yang selanjutnya adalah temulawak. Temulawak dapat mengatasi gangguan kesehatan seperti gangguan lambung, perut kembung, serta irretable bowl syndrome (IBS).

Selain itu temulawak biasanya digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Penggunaan temulawak yang berlebihan dalam waktu panjang dapat menyebabkan muntah hingga iritasi pada lambung.

Tanaman Daun sirih

Sejak zaman dahulu, daun sirih digunakan sebagai obat tradisional yang dapat mengatasi masalah kesehatan pada tubuh seperti diabetes, malaria, asma, penyembuhan luka hingga sebagai antibakteri.

Kandungan daun sirih sangatlah banyak diantaranya terdapat vitamin A, vitamin B1 dan B2, yodium, kalium, dan bahan kimiawi seperti chavicol, eugenol, campene, minyak sirih, dan lain-lain.

Banyaknya manfaat pada daun sirih serta perawatannya yang mudah, maka tanaman obat  ini sangat disarankan untuk ditanam di sekitar rumah.

Tanaman Kemangi

Sebagian orang menggunakan kemangi sebagai lalapan dan penambah aroma pada makanan. Jangan salah, kemangi ini juga dapat digunakan sebagai obat alami yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kemangi ini merupakan tanaman obat yang mudah sekali ditaman di halaman rumah. Adapun manfaat kemangi yaitu dapat meningkatkan nafsu makan, mengatasi perut kembung, hingga mengobati goresan luka pada kulit.

Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman obat yang sering kita jumpai di pekarangan rumah. Selain itu, tanaman kumis kucing kerap kali digunakan sebagai obat herbal yang memiliki manfaat diantaranya mengobati penyakit kencing batu, diabetes, asam urat, dan penyakit ginjal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kumis kucing ini memicu produksi urine, oleh karena itu manfaat lain dari daun kumis kucing ini adalah melancarkan saluran kencing.

Tanaman Lidah Buaya

Kebanyakan orang mengetahui bahwa lidah buaya digunakan sebagai kecantikan. Namun jangan salah, lidah buaya juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan antara lain seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, serta mengobati jerawat.

Lidah buaya ini dapat digunakan dengan cara dikonsumsi ataupun dioleskan secara langsung ke kulit. Namun tetap waspada apabila terjadi alergi pada tubuh. Adapun anak berusia dibawah 12 tahun, ibu hamil serta, ibu menyusui tidak dianjurkan mengkonsumsi lidah buaya secara langsung.

Demikian tadi merupakan jenis tanaman obat yang dapat ditanam di sekitar rumah. Semua tanaman obat yang telah dipaparkan tidak sulit cara menanam serta perawatannya. Sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.